Welcome to OASIS blog, thank you for joining.

Monday, October 13, 2008

TANDA - TANDA PENGHUNI SURGA

Ketika ada pembinaan untuk para ustadz/ustadzh di Lembaga Pendidikan Al Hikmah Surabaya tepatnya di SMP Al Hikmah tempat saya, Qodrat, menempa diri dan berbagi. Ada ceramah agama yang menancap di hati saya pribadi. Materi ini disamapaikanoleh Ust. Taufiq AB, ia menyampaikan tentang tanda-tanda penghuni surga.
Menurut Imam Ja'far As-Shodiq, bawa seorang calon penghuni surga itu memiliki tanda-tanda sebagai berikut :
  1. Wajhu Mumbasyar (wajah yang senantiasa menggembirakan) bagi orang yang melihatnya. Calon pengguni surga memiliki tampilan diri yang menyenangkan untuk dipandang, murah senyum, hangat percakapan, dan kehadirannya senantiasa dirindukan
  2. Qolbur Rahmah (hati yang menyenangkan), hati adalah cerminan sikap pribadi seseorang. Rahmat yang ada pada dirinya senantiasa tercermin dalam sikap dan prilakunya dalam memberikan rahmat bagi sekiratnya. Kehadirannya adalah memberi manfaat bukan memberi masalah dan gangguan, kata-kata yang terucap adalah faedah buat yang mendegarkannya.
  3. Shodrul Muftihah (lapang dada) jiwa ini adalah jiwa keterbukaan, kejujuran, keterusterangan, dan toleransi. Sikap yang arif dalam menghadapi gembira dan sedih, bijaksana dalam mengambil keputusan adalah balutan jiwanya.
  4. Yadul Muftihah (tangan yang senantiasa terbuka), atinya calon pengguni surga ini selalu senang untuk membantu saudaranya apabila diminta, bahkan tanpa perlu dimintapun ia akan peka untuk membantunya. Ringan tangan adalah sikap yang selalu menyertainya.
Mungkin kita pernah menjumpai orang dengan kriteria diatas, atau sebaliknya maih adakah orang yang mungkin kita jumpai dengan karakteristik calon penguni surga.
mari bersama kita menjaga segumpal darah yang ada di dada titipan Allah SWT ini agar seluruh jasad yang melekat ini ikut baik. Sebab jika ia sehat maka akan sehat semuanya, dan jika rusak maka akan rusak pula semua seluruh tubuh, ketahuilah ia adalah hati.

No comments:

Post a Comment

Web Hosting